Masyarakat Sitiotio Samosir Kecewa dengan Pelayanan Puskesmas

Masyarakat Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir kecewa dengan pelayanan puskesmas setempat

topmetro.news – Masyarakat Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir kecewa dengan pelayanan puskesmas setempat. Pasalnya, Kepala Puskesmas Sitiotio dr Bulan Ester, menurut informasi, jarang masuk kantor. Akibatnya, pelayanan di puskesmas tersebut tidak berjalan maksimal.

“Kepala Puskesmas jarang sekali masuk puskesmas. Apalagi sejak Oktober tahun lalu. Bahkan awal Januari tahun ini tidak pernah kelihatan sama sekali,” kata warga.

Ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait informasi dimaksud, Kepala Puskes Sitiotio dr Bulan Ester berkelit dengan mengatakan bahwa dianya tidak hadir di Puskesmas karena kunjungan ke desa.

“Mengenai hal tersebut tidak benar. Jika pun saya tidak ke Puskesmas karena memang ada kegiatan di desa ataupun mengikuti rapat di kabupaten.
Dan untuk pelayanan di Puskesmas tetap berjalan baik. Karena tetap ada dokter dan fungsional dan tim paramedis yang melakukan pelayanan,” jawabnya melalui pesan WhatsApp.

Lebih lanjut dr Bulan Ester juga menjelaskan, ketidakhadirannya karena turun ke desa untuk kunjungan rumah dan vaksinasi.

Bantahan Warga

Namun jawaban tersebut dibantah salah seorang warga Sitiotio yang tidak ingin disebutkan jati dirinya.

“Itu tidak betul. Silahkan saja dicek ke desa-desa atau rumah yang dikunjungi. Kalau betul masuk kantor, ada CCTV di Puskes. Dan Beliau hanya mengarahkan bawahannya bekerja hanya dari pesan WhatsApp. Kami menyayangkan tingkah Kapus ini. Meminta bawahannya bekerja dan disiplin. Sementara Kepala Puskes sendiri tidak disiplin,” ujarnya.

Ia juga menyayangkan tindakan Kepala Puskes yang membela salah seorang stafnya yang juga jarang masuk kantor.

“Stafnya yang marga Lumbanraja jarang masuk. Namun tunjangannya ia terima seratus persen. Mungkin laporannya ke dinas ianya tidak pernah absen,” ujarnya, seraya meminta aparat hukum memanggil yang bersangkutan karena menerima gaji buta.

Wartawan Top Metro telah beberapa kali menyampaikan hal tersebut kepada Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir Subarta Sagala. Namun terkesan membela bawahannya tersebut.

Di sela-sela kegiatannya di Kantor Bupati, Selasa (11/1/2022), Plt Kadis Kesehatan Subarta Sagala mengatakan bahwa sudah memanggil dan berbicara kepada Kepala Puskes tersebut dan berkomitmen memperbaiki kinerja.

“Kami ada jadwal vaksin. Kemungkinan Ibu Kapus turun ke lapangan,” ujarnya.

Ketika ditunjukkan bukti ketidakhadiran dr Bulan Ester dalam kegiatan vaksin sebelumnya, Plt Kadis Kesehatan berjanji akan kembali memanggil yang bersangkutan.

Sementara Bupati Samosir Vandico Gultom, menjawab konfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya akan memanggil yang bersangkutan. “Yang bersangkutan harus dipanggil jika terbukti indisipliner,” ujarnya.

reporter | TIM

Related posts

One Thought to “Masyarakat Sitiotio Samosir Kecewa dengan Pelayanan Puskesmas”

  1. LINTONG

    Hahahaha… Memang benar sekali berita itu, Kapus, Staf dan dokter Gigi di Puskesmas Sitiotio memang jarang sekali masuk.
    Tapi untuk tunjangan, belanja kebutuhan Puskesmas selalu di keep Kapus tersebut, seolah2 dia yang mengatur keuangan dan absensi pekerja pun diatur nya..
    Kapus tersebut sering kali pulang ke Medan.
    Kalau saran saya di Pecat aja tuh Kapus yang tidak bertanggungjawab itu. Gak usah dikasih kendor. Ntar staf-nya disalahkan karena gak bela dia..
    Demi terbentuknya pelayanan kesehatan yang handal dan baik.

Leave a Comment